Sabtu, April 29, 2006

Radja & Noordin M . Top

post under: musik


Radja, sebagai sebuah band pop-rock memang mengguncang kalangan musik tanah air. Album penjualannya bersaing dengan penjualan album-album band-band lainnya, seperti Dewa 19, Peter Pan, atau barangkali Sheila on7 ( yang belakangan belum menelorkan labum baru lagi).

Band ini unik. Vokalisnya yang nyeni (ada beberapa juga yang bilang norak), gitaris yang kidal (dengan urutan senar tetap), dan lagu-lagunya yang ngerock ngepop. Satu lagi, beberapa lagunya mengingatkan pada beberapa lagu-lagu ngetop, yang sudah ngetop duluan sebelumnya. Dan barangkali dan tanpa prasangka, inilah yang dilakukan Radja, "mengingatkan kita kepada lagu-lagu yang pernah ngetop".

Komposisi musik Radja secara global mengingatkan pada Shifter, Shade Apart, dan tak luput, Stevie Wonder. Yang paling terasa, barangkali pada lagu Tulus mirip banget dengan lagunya Stevie Wonder yang berjudul "Lately". Kemudian lagu Yakin yang agak-agak mirip atau barangkali mengingatkan pada lagu Luka-nya Shifter. Terutama pada tarikan melody gitar.

Entah benar atau tidak, kenikmatan selalu hadir bila mendengarkan lagu-lagu Radja. Apalagi bila sudah bersama-sama dengan si keponakan. Yang lebih banyak hafal lagu-lagu Radja daripada saya. Seperti tadi pagi. Dia yang nyanyi, dan saya yang nggitar. Ya saya lebih menikmati ngamen bareng ponakan dari pada melihat lokasi TKP penangkapan kaki tangan M Top yang lokasinya ngga jauh-jauh dari rumah. Emang sempat juga sampai sana, dan dengan melewati jalan yang berliku-liku (jalur biasa tertutup semua). Tapi ngga betah. Sudah panas tidak boleh masuk lagi sama pak polisi (sampai saat ini mesih untuk olah TKP). Ah, mendingan pulang saja, dan .. ngamen lagi!!





3 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal nama saya shadiva allegra...saya sebenarnya warga negara italy yg baru pindah di indonesia, ibu saya asli dari indonesia lho, bokap doank yg asli italiano :) ...saya mau cerita nih tentang industri musik & TV di indonesia yg saya rasa semakin kacau, saya bekerja di RAI International TV italy, sejak tanggal 20 january 2006 saya ditugaskan utk mempelajari tentang perkembangan musik dikawasan negara berkembang seperti Indonesia dan sekitarnya...saya mempelajari banyak musik tradisional daerah ataupun musik populer yg sedang digemari, pada saat saya datang di indonesia, saya lsg mengadakan riset utk me-review band2 yg sudah mempunyai nama...dan byk orang menyarankan utk menulis tentang 'peterpan' & 'radja'...saya sangat kecewa dengan pertemuan saya dgn 'mereka' secara sosial sih baik tapi setelah saya mendengar semua lagu2 'mereka' saya bertanya dalam hati...kenapa lagu2 seperti ini bisa booming di Indonesia, paling tidak apabila semua audience di indonesia paham tentang lagu2 yg menjadi tren diluar negeri maka warga indonesia akan paham apabila sebenarnya mereka hanya mencintai atau menyukai sosok band yg "PLAGIATOR" alias tukang nyontek lagu orang...dan saya sendiri merasa tidak ada yg spesial dari semua album mereka...saya kecewa sekali setelah tahu bahwa mungkin sebagian dari konsumer musik di indonesia tolok ukurnya hanya rendah sekali "SAYA TIDAK MENGATAKAN SEMUA ORANG LHO YA..."
sebagai perumpamaan :
apabila ada kontes mengenai delegasi dunia...

*AMERICA DIWAKILI OLEH BRITNEY SPEARS, MADONNA, SLIPKNOT, KORN, METALLICA

*EROPA DIWAKILI OLEH LARA FABIAN, PLACEBO, OASIS, GORILLAZ, RADIOHEAD

*ASIA DIWAKILI OLEH PETERPAN, RADJA, SITI NURHALIZA, ADA BAND, SLANK...wah saya pribadi MENGATAKAN ADUH MALUNYA (jangan deh) bisa kebanting ntar indonesia... :(

seharusnya kita mulai harus belajar bagaimana membuat industri entertainment ini menjadi satu kebanggaan kita utk melihat potensi yang besar dalam hati bangsa kita...

tapi saya tidak pernah menyerah bagaimana saya harus mencari suatu figur yg memang layak untuk dijadikan sebuah dobrakan dunia hiburan di indonesia :)

sekarang saya sedang dalam proses me-review tentang suatu band rock ALLAKHAZAAM featuring YUNI SHARA...nanti anda semua akan bisa melihat bagaimana ' rock keras ' bersatu dengan ' pop oriental ' sebagai salah satu acara kami RAI international TV Italy...

to be continued... :)

as ever

Shadiva Allegra

premium email contact:
allegrashadiva@yahoo.com

Anonim mengatakan...

hai radja kalian ganteng buanget deh aku ngefans bgt ma kalian udah dulu ya daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Anonim mengatakan...

huehehehexxx ... mildy apa moldy? kekekekekek....