Kamis, Maret 30, 2006

O-el lagi ni yee..

post under: sok insap

Online lagi.  


Lihat-lihat tulisan di tangkapan Ethereal yang jujur saya ngga ngerti, tapi tetap mencoba untuk mengerti.  Tetap ajah ngga paham.  Saya kenal mahluk Etherial ini dari MR. Z teman saya (ngga suka ngeblog dianya mah)  yang menyarankan untuk mencoba program ini.  Tapi, dia lupa mengajari caranya, atau memang sengaja ngga ngasih tau, saya ngga tau.



Saya coba mencermati lagi angka-angka di situ dan agak mengerti sedikit (dari tulisan-tulisan yang seabrek itu) kalo 0 itu = Not set sedangkan kalau 1=set. Cuma lagi, untuk selanjutnya yang diset dan di not set apanya, juga masih ngga ngerti.

Contohnya adalah ini:

Flags: 0x00

        0... = Reserved bit: Not set

        .0.. = Don't fragment: Not set

        ..0. = More fragments: Not set

( dan masih banyak angka-angka sejenis lainnya.)



Saya pun mencoba mengingat-ingat lagi pelajaran baskom yang penuh penderitaan jaman kuliah dahulu. O’on baget sih.  If than else, go to, get, good, dst. Tetep ajah, nggak ngeh. Semakin jauh dari Set dan Not set.



Bete, saya pun mencoba memakai Excel. Main-main.  (Setelah seharian nyari IP server yang kelihatannya pindah entah kemana, katanya servernya habis diinstol ulang, bete ngga nemu-nemu). Saya ketik di MS Excel.  

=IF(I17=1;"benul";"ngarang")  ( ini kalau lagi iseng cari rumus.

Tapi akhirnya saya baru sadar, kalau kalimat Syahadat kok bunyinya mirip bener ya?

Syahadatain (Dua Kalimat Syahadat), yaitu: Asyhadu an Laa Ilâha illallâh wa Asyhadu anna Muhammadan Rasulullâh; Saya bersaksi bahwa ‘Tiada Ilah / Tuhan selain Allah dan Saya bersaksi bahwasanya Muhammad adalah Rasul Allah.

Saya nyoba ngrumus lagi ( lumayan jadi serius).

=IF(I17=”Allah”;"benul";"ngarang")  atau coba saya ganti sesuai konsep awal angka 0 da 1 (atau set or not to set) maka menjadi :

=IF(I17=1;" Illallâh ";" Laa Ilâha ")
Illallâh  = 1  (True)
Laa Ilâha = 0 (False)


Memang tidak menyimpulkan sesuatu sih, cuman menstimulan dasar pemikiran saya saja (yg telmi),bahwasannya kalau memang dasar pemrograman itu dasarnya angka 0 dan 1, itu kan sama saja dengan dasar umat Islam pertama kali masuk yang diharuskan berikrar dengan mengucap  ” Asyhadu an Laa Ilâha illallâh wa Asyhadu anna Muhammadan Rasulullâh”.


Kudune wong islam ki pinter komputer eh, ora mung isone Excel....

(postingan ini bersamaan dengan ketemunya Ipserver yang baru, saya temukan dari Capture Etherial persis-bersamaan pas instoling Servernya)



[Set Mode: Natalie Cole – Miss U Like Crazy]

Tidak ada komentar: