Rabu, Maret 01, 2006

The Pelican Brief

post under: filem


Beberapa hari yang lalu nonton film lawas, judulnya The Pelican Brief. Sebenarnya pernah lihat, tapi kok ngga bosen-bosen juga. Critanya tentang pembunuhan dua orang Hakim Agung (Rossenberg & Jessen). Point of viewnya adalah seorang mahasiswa hukum Derby Shaw (diperankan Julia Robert) dan seorang wartawan investigasi Gray Grantham (diperankan oleh Danzel Washington).


Jadi critanya, ada seorang mahasiswa hukum -Derby Shaw- membuat suatu laporan (The Pelican Brief) yang berisi teori tentang motif pembunuhan Pak Hakim tersebut. Secara garis besar isi laporannya adalah tentang keterlibatan suatu perusahaan pengeboran minyak (Matiece) terhadap pencemaran suatu rawa langka. Lha, Pak Hakim ini dibunuh karena jelas, dia sangat perduli terhadap lingkungan hidup, dan jelas pula pasti akan memfonis Matiece bersalah. Di satu sisi, Perusahaan minyak ini adalah teman baik Pak Presiden, dan juga merupakan pendonor terbesar dalam kampanyenya. Terjadilah kontrak politik, akan kelanggengan ngebor-mengebor yang notabene mencemari lingkungan ini

Si Mahasiswa ini menyerahkan laporannya kepada dosennya Thomas Callahan (yang merangkap jadi pacarnya). Pak dosen terkejut-kejut juga melihat isi teorinya tersebut. Dia pun bertanya pada temannya –Gavin Vareek- yang bekerja di FBI (sebagai penasihat hukum FBI), apakah mungkin apa yang ada di dalam laporan itu? Sebagai pembelajaran, diserahkanlah laporan ini pada temannya ini. Lha dari temannya ini lama kelamaan laporan ini sampai juga ke tangan kepala staf kepresidenan. Dan jelas mereka kebakaran jenggot alias kelabakan. Bagaikan petir dibelah dua..begitu mungkin istilahnya.

Seperti biasa, laporan yang masih berupa teori itupun menjadi isu santer di kalangan Gedung Putih. Aksi Bungkam membungkam pun tak pelak dilancarkan (walau bukan oleh Gedung Putih sendiri). Langkah seratus, seribu, sejuta keluar semua. Bunuh sana dan bunuh sini dicanangkan. Dari Prof Callahan, Vareek, sampai juga Shaw juga dikejar-kejar, tetapi ngga mati-mati. Kematian Callahan, Vareek membuat Shaw kalut. Ia pun mengadu kepada wartawan investigasi yang terkenal, yaitu Gray Grantham ( Danzel Washington), wartawan Herald Tribun.

Dan, sksc (singakat kata singakat cerita), mereka pun kerjasama mengungkap kebenaran itu. Kebenaran terungakap dan mereka selamat sampai akhir cerita.

Matiece di vonis salah, Ka staff Kepres mengundurkan diri, presiden tidak mencalonkan lagi, Shaw berlibur di suatu kepulauan terpencil dan tidak ada yang tahu kemana kecuali Grantham (mungkin ke Wakiki-Hawai ya?), sedangkan Grantham tetap menjadi wartawan investigasi yang terkenal.

Tidak ada komentar: