Kamis, Juni 28, 2007

XL Corporate on Hp Butut



Masalah dial-mendial, untuk kelas lepi saya lumayan membikin pusing. Ntah kenapa, sejak beberapa tahun belakangan susah atau hampir tidak mungkin mendial memakai modem yang ada di lepi ini. Selalu saja keterangan yang sama muncul "The port that modem attached could not be opened". Anehnya, dulu pertama kali pernah bisa juga untuk dialup memakai telkomnet instant. Di sisi lain kalupun bisa, tagihan pulsa rumah membengkak, dan alhasil ortu saya (masih numpang ortu) yang kelabakan biggrin.

Atas pertimbangan itulah, berbagai cara saya lakukan. Dari memakai Xl Bebas, Fren, ataupun Xplore-Corporate (yang sekarang sedang dicoba). Sedangkan peralatan tempur yang saya pakai adalah Samsung C100 (untuk XL Bebas-nya), Samsung Slimo (untuk Fren-nya), dan sekarang, Motorola c381 ( untuk Xplorenya). Samsung C100 (jadul abess !!biggrin), dengan koneksi infra merah ternyata kurang bisa menunjang dan mobile, karena pada lepi-jadul saya tidak ada infra merahnya dan otomatis harus instal infra merah (lepi yang tidak mengandung infra merah) dan sepertinya, koneksi data yang disediakan C100 ya memang hanya itu . Apalagi, ternyata lama-lama infra merah Si C100 yang gak kuat dan jebol. Mau tidak mau alternatif lain saya harus cari lagi.

Jatuhlah pada Fren dengan tunggangan Samsung Slimo (500 rb langsung online biggrin). Ini juga ngga bertahan lama, karena saya agak kesusahan dengan masalah baterai dan prolific-USB-nya (kalau tidak di port 1 tidak mau ngedetek). Rata-rata umur baterai Slimo sendiri adalah kurang-lebih 3-4 jam (colokan charger dan data satu tempat). Mana pulsanya seperti Sinkansen lagi lajunya whistling. Dan untuk itu, saya harus mengkombain (kurt kombain kalee rollingonthefloor), antara disconnect dan connect, begitu terus ( mengandalkan browsing offline + google dekstop cache) ya...capeekk dehhh !!!whew! .

Alih-alih, pingin nyabang Warnet punya si Ahmad, tapi kok sepertinya sono kecepatannya makin dudul saja, mau memakai paket data kok sepertinya ndak termasuk area cakupan (<-- ndeso). Pingin beli PCMCIA ZTE pakai saluran Freen kok terlanjur sudah ada Slimo. Sampai pada suatu ketika ada temen yang nawarin XL Corporate itu biggrin. Asekkk dancing.

Dengan modal lumayan juga seeh (pendaftaran + uang jaminan), plus hp jadul (motorola c381) perjalanan baru dimulai (aksi uji coba juga neeh biggrin). Asiknya C381 (Motorola family), saya tidak perlu takut lagi akan waktu tempuh jelajah biggrin. Tempat charger dan kabel datanya (USB) terpisah. So, bisa dipanjer (panteng:red). Kecepatan, fluktuatif. Terkadang cepet-terkadang lelet. Apalagi upload sad (gambar doconvert ke ukuran 800x600 px baru bisa naik).

Mahalnya sebuah pengetahuan daydreaming-New!....
Eiya, yang belum ketahuan tagihannya ding nailbiting.

(na kan, uploadnya sampai 3 kali laughing...kacau laughing)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mas saya barusan beli moto c381. Sudah download driver+motorola phone tools, sudah bisa ke detect sbg modem ya tapi di pc muncul tulisan not functional. Kenapa ya?Apa tidak semua kabel mini usb bisa buat kabel data motorola?

:: atok ajar nulis :: mengatakan...

maaf sebelumnya, saya jawab sebisanya ya lama ngga pakai ginian.

ada beberapa kemungkinan:
1. mungkin motorola phone toolsnya.
2. mungkin modem hpnya.
3. seperti kata anda, mungkin juga kabel usbnya.
4, kemungkinan lain yang saya tidak tau

- coba di query ada jawaban / tidak, kalau njawab, kemungkinan ya modemnya ga apa2. mungkin.
- coba jangan pakai motorola phone tools, pakai dialupnya windows (pake windowskan ya?)
- coba ganti kabelnya (punya saya 3 biji erorr 1)
- dan bisa juga dicoba di mesin lain.

begitu kira2 dari saya.