Jumat, Juni 29, 2007

Hampir Seperti Ghost-Recon










Dieng daerah Sembungan.
Hari Senin tanggal 25 Juni 2007.

Dalam rangka pemantapan "pilotsite", TKPD melakukan aksi penyusupan di daerah sasaran (insertion point). Sampai di sana sekitar pukul 15.30 WIB. Suasana agak berkabut dan sedikit temaram matahari menyeruak di sela-sela kabut. Suhu udara mungkin sekitar 23C˚ (maaf, gak bawa Termometer).

Terlihat di kejauhan, ada gubuk kecil di tengah ladang kentang. Dan di sebelah ladang kentang, ada sisa-sisa ladang kobis yang menampakkan kobis yang sudah membusuk. Udara dingin tercampur bau kobis yang membusuk, semakin menambah suasana semakin mencekam. Suasana ini mengingatkan saya pada sebuah game yang dulu pernah saya gemari, Tom-Clancy's Ghost Recon. Saya teringat serdadu-serdadu yang merayap mendekati gubuk tua ditengah-tengah gumpalan kabut pekat. Sesekali terdengar suara radio kominikasi. Dan suara kresek-kresek, tanda bahwa sang sniper sedang merayap di antara rerumputan.

Game sejenis yang saya suka adalah Delta Force. Yang terakhir sempat saya mainkan (sebelum PC saya meletus) adalah yang versi Black Hawk Down (sering disingkat DFBHD). Tidak beda-beda jauh ceritanya antara kedua game ini. Hanya kalau pada Ghost Recon, kontrol kita bisa dilakukan terhadap semua tim atau secara perorangan, sedangkan pada DFBHD, kita adalah bagian dari sebuah Tim (kontrol hanya pada satu orang).

Kembali pada Ghost Recon, ada bermacam-macam alat yang bisa kita gunakan pada game itu. Yang dahulu saya tidak paham adalah peta digital yang ada disana. Peta ini juga dapat digunakan untuk menjalankan Tim secara bersamaan (seperti catur). Beberapa tahun belakangan, baru saya tahu, kalau inilah yang namanya GPS biggrin.

Pada penyusupan kita ke Dieng waktu itu, kami juga sempat bertemu dengan petani lokal, dan tidak urung, kami juga melakukan sedikit wawancara. Dan ternyata apa yang ada di atas laptop dan yang ada di lapangan tidak mutlak sepenuhnya sama. Ada beberapa pemikiran-pemikiran (mindset?) yang perlu diluruskan, baik diantara TKPD ataupun petani setempat. Banyak hal yang harus dilakukan, mungkin termasuk salah satunya adalah infilltration-plan.

..............................................kakashifull

Nah kan, persis Ghost Recon biggrin.

Tidak ada komentar: